19 Contoh Hewan Herbivora dan Ciri-Cirinya

Contoh hewan herbivora – Berdasarkan Jenis makanannya, hewan dapat di kelompokan kedalam tiga jenis yakni herbivora, karnivora, dan omnivora.

Dari setiap kelompok hewan tersebut memiliki beberapa ciri khusus yang unik, mulai dari bentuk giginya makanannya serta beberapa karakteristik lainnya.

Nan kali ini penulis akan membahas lengkap tentang contoh hewan herbivora serta ciri-cirinya.

Yuk kita simak!

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora merupakan salah satu pengelompokkan hewan yang didasarkan menurut jenis makanannya.

Hewan yang termasuk golongan herbivora adalah yang makanan utamanya adalah rumput dan jenis tumbuhan lainnya.

Umumnya hewan yang tergolong herbivora, banyak hidup di tempat seperti padang rumput, hutan dan persawan.

Namun ada juga hewan herbivora yang hidup di air. Kebanyakan hewan herbivora lebih suka hidup dengan cara berkelompok dengan sesama jenisnya.

Selain itu segian besar hewan herbivora merupakan mangsa utama dari jenis hewan karnivora.

Hewan herbivora juga sebagian besar memiliki daging dengan rasa yang enak serta dapat dikonsumsi oleh manusia.

Tidak jarang manusia banyak yang menjadikan jenis hewan herbivora ini sebagai hewan ternak dan juga hewan peliharaan.

Selain mempunyai banyak manfaat hewan jenis herbivora ini juga tidak berbahaya jika berada di dekat manusia.

Ciri-Ciri Hewan Herbivora

  • Makanan utamanya rumput atau jenis tumbuhan dan dedaunan lainnya.
  • Berkembang biak umumnya secara vivipar (beranak).
  • Hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup secara berkelompok.
  • Hewan herbivora sebagian besar lebih banyak hidup di darat, karena sumber makanannya lebih banyak di darat.
  • Merupakan golongan hewan yang berdarah panas.
  • Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  • Lebih dominan memiliki kaki empat.
  • Merupakan golongan hewan yang mempunyai tulang belakang.
  • Sebagian besar menjadi bangsa dari hewan karnivora.

Contoh Hewan Herbivora dan Jenis Makanannya

1. Sapi

Hewan yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini, tergolong sebagai hewan ternak yang sangat menjadi salah satu dari kebutuhan hidup manusia mulai dari dagingnya hingga susunya.

Sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan yang gemar memakan rumput dan dedaunan.

Hewan yang satu ini memiliki pencernaan sistem yang baik dan sangat canggih yang memudahkan dalam mencerna berbagai macam rerumputan yang keras.

2. Kerbau

Hewan yang memiliki nama latin Bubalus bubalis memiliki bobot tubuh yang sangat cukup fantastisait yaitu memiliki bobot mencapai 600 kg bahkan lebih.

Hewan mamalia satu ini biasa dijadikan sebagai hewan ternak, terutama diwilayah Asia. Kerbau juga biasanya memakan rereumputan, dedaunan dan bahkan jerami.

Yang menarik dari kerbau tersebut yaitu hampir dari bagian diri kerbau bisa dimanfaatkan, seperti kulitnya bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sepatu, wayang hingga helm sepeda motor.

3. Kambing

Hewan yang memiliki nama ilmiah Capra aegagrus hircus ini sudah mulai di budidayakan oleh manusia sejak 9000 tahun yang lalu.

Didalam alam luar atau alam bebas, hewan yang satu ini biasanya hidup berkelompok mulai dari 7 hingga 20 ekor dalam satu kelompok.

Kambing ialah hewan yang sanggup memakan apapun, tetapi makanan yang utama atau makanan yang paling ia sukai adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Untuk mengetahui cara ternak kambing yang ampuh cepat gemuk klik link berikut ini, Cara Ternak Kambing Etawa [TERBUKTI] Ampuh Bagi Pemula

4. Domba

Hewan yang memiliki nama latin Ovis aries ini seringkali membuat orang kebingungan dalam membedakan antara domba dan kambing.

Domba atau biri-biri dikenal sebagai hewan ternak yang memiliki bulu yang tebal untuk di ambil bulunya, apalagi dagingnya yang sangat enak .

seperti halnya hewan herbivora lainnya, domba ini juga suka menyantap rerumputan, dedaunan dan jerami untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan nutrisinya.

5. Kuda

Hewan yang memiliki nama ilmiah Equus caballus ini adalah jenis hewan yang cukup berperan penting dalam kehidupan manusia sejak dari bertahun-ahun yang lalu.

Hewan yang satu ini tergolong dalam hewan yang cukup kuat karena mampu membantu manusia dalam mengangkut barang dan lainnya.

6. Keledai

Keledai adalah hewan mamalia yang berasal dari keluarga equidae. Keledai adalah hewan jinak yang dimanfaatkan manusia sebagai alat transportasi atau untuk menarik kereta barang.

Hewan ini juga termasuk keluarga kuda, karena mempunyai kesamaan bentuk tubuh.

Yang membedakan antara keledai dan kuda yakni dari ukuran tubuh keduanya. Ukuran tubuh keledai cenderung lebih kecil dan pendek dari kuda.

7. Onta

Onta merupakan hewan pemakan tumbuhan yang hidup di padang pasir. Hewan mampu hidup tanpa air cukup lama, mereka menyimpan cadangan air dan cadangan makanannya di dalam punuk.

Onta memiliki satu punuk dan ada yang memiliki dua punuk. Onta memiliki kaki empat yang masing-masing kakinya memiliki kuku.

8. Zebra

Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya memiliki belang-belang hitam dan putih.

Hewan ini merupakan binatang yang berhabitat di Negara Afrika Selatan, Afrika Timur, dan Afrika Barat,

Selain menjadi salah satu ciri Ternyata warna belang belang yang ada pada zebra ini memiliki fungsi tersendiri yakni untuk mengelabui para peredator yang akan memangsanya.

Zebra termasuk dalam kategori hewan pemakan tumbuhan atau herbivora kerena ia suka makan rerumputan, dedaunan, ranting dan semak bahkan memakan kulit kayu.

9. Gajah

Hewan yang memili nama ilmiah Elephas maximus ini tergolong hewan yang cerdas dan bertubuh besar.

Hewan ini banyak tersebar dari wilayah Afrika , Asia Selatan hingga Asia Tenggara, gajah memiliki belalai yang digunakannya sebagai alat untuk mengambil makanan.

Biasanya, gajah Afrika makanannya tunas sedangkan gajah Asia adalah hewan pemakan rumput. hewan ini dapat mengonsumsi makanan hingga 160 kg dan 40 L air dalam satu hari.

10. Jerapah

Hewan yang memmiliki nama ilmiah Giraffa Camelopardalis adalah hewan endemik Afrika yang berkuku genap.

Hewan yang satu ini memiliki gelar sebagai hewan pemakan tumbuhan paling tinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 5,5 meter dan beratnya 1365 kg.

Jerapah jantan memiliki ukuran lebih besar dari jerapah betina, lehernya yang tinggi memudahkan jerapah memakan dedaunan dan tumbuh-tumbuhan dari pohon yang tinggi pula.

11. Rusa

Hewan yang memiliki nama ilmiah Cervidae ini adalah merupakan hewan yang dikenal sebagai hewan yang bisa berlari dengan cepat dan baik karena memiliki kaki yang panjang.

Selain itu rusa juga memiliki kemampuan dalam berenang dengan sangat baik dan bisa melompat dengan tinggi.

Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki tekstur gigi gerham yang rapat sehingga memudahkan untuk mencerna makanan.

12. Kijang

Kijang atau muncak merupakan hewan mamalia dari genus muntiacus, dan juga termasuk kerabat dari rusa.

Daerah penyebaran rusa antara lain Asia Selatan, Asia Tenggara mulai dari India sampai Indonesia. Hewan ini berkembang dan hidup di daerah padang rumput atau hutan liar.

13. Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang memiliki nama latin Oryctolagus Cuniculus adalah hewan mamalia dari famili Leporidae.

Hewan ini sangat mudah kita jumpai di tempat-tempat mana saja. Habitat kelinci awalnya adalah di Afrika dan di Eropa, kemudian ditemukan sepesies kelinci sumatera pada tahun 1972.

14. Badak

Badak adalah hewan yang termasuk dalam famili Rhinocerotidae yang berasal dari wilayah Asia dan Afrika.

Hewan herbivora yang satu ini ternyata masuk dalam kategori langka, yang buas, karena ia kerap sering menyerang manusia.

Badak memiliki ukuran yang terbilang besar dengan bobot hingga mencapai 1 ton. Ciri hewan ini memiliki cula serta mempunyai indra penciuman dan pendengaran yang cukup tajam. Hewan yg satu ini bisa berumur sampai dengan 40 tahun.

15. Kanguru

Kangguru atau ama ilmiahnya adalah Macropodidae. Binatang ini memiliki empat jenis sepesies yang berbeda dengan antara satu dengan yang lain, yaitu:

  • Kangooro Merah
  • Kangoroo Grey Barat
  • Kangoro Antilopin
  • Kangoro Grey Timur

Binatang pemakan tumbuhan ini habitat aslinya yaitu dari Negara Australia. Yang menarik dari hewan herbivora yang satu ini adalah dapat meniru dan dapat mengenali sebuah bayangan, bentuk dan berbagai warna.

16. Banteng

Banteng adalah hewan mamalia yang masih memiliki hubungan dengan sapi. Hewan ini ditemukan di Asia Tenggara kemudian dibawa ke Benua Australia.

Banteng terdiri dari tiga jenis antaranya, javanicus javanicus, javanicus lowi dan javanicus birmanicus.

17. Tapir

Hewan yang memiliki nama ilmiah Tapirus ini adalah hewan pemakan tumbuhan yang saat ini termasuk dalam golongan hewan yang langka, karena semakin menyusutnya habitat hewan yang satu ini.

Makanan utama dari tapir adalah dedaunan muda yang diambil dengan menggunakan lidahnya serta buah-buahan seperti semangka, nangka dan durian.

18. Ulat

Kebanyakan jenis ulat merupakan pemakan tumbuhan, meskipun ada juga beberapa spesies merupakan pemakan serangga.

Contoh Hewan Herbivora Yang Hidup di Air

  1. Kuda Nil

Kuda nil adalalah hewan mamaila yang memiliki badan terbesar ketida setelah gajah dan badak.

Kuda nil mempunyai gading berukuran besar serta digunakan untuk memeprtahankan diri mereka saat merasa terancam. Selain itu mereka juga memiliki tubuh dan mulut yang besar.

  1. Lembu Laut

Dari segi bentuk tengkorak dan bentuk ekor lembu laut berbeda dengan dugong. Pada ekor lembu laut berbentuk pendayung, sedangkan pada ekor dugong bercabang.

Lembu laut merupakan hewan herbivora, melewatkan sebagian besar waktunya merumput di air dangkal.

  1. Penyu Hijau

Penyu hijau memiliki nama latin Chelonia mydas. Penyu laut besar termasuk dalam keluarga Cheloniidae.

Hewan ini merupakan satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia, dan merupakan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora.

  1. Ikan Nila

Ikan nila dilaporkan sebagai pemakan segala (omnivora), pemakan plankton, sampai pemakan aneka tumbuhan sehingga ikan ini diperkirakan dapat dimanfaatkan sebagai pengendali gulma air.

  1. Duyung

Duyung atau dugong merupakan satu-satunya mamalia laut herbivora atau (pemakan dedaunan), dan semua spesies sapi laut hidup pada perairan segar dengan suhu air tertentu.

For Your Information!

Nah itu tadi pembahasan lengkap tentang contoh hewan herbivora beserta cirinya, semoga dengan artikel kali ini bisa membuat anda bisa lebih mengetahui tentang jenis hewan serta bisa di jadikan sebagai referensi kedepannya. Sekian Terima Kasih.