Pengertian, Ciri, dan Contoh Hewan Omnivora

Contoh hewan omnivora – Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan serta memaparkan tentang pengertian, contoh, ciri dan gambar hewan omnivora.

Sebelumnya kita telah membahas tentang proses daur hidup hewan dan juga contoh hewan Ovovivipar.

Nah kali ini kita akan menjelaskan secara perinci, hewan apa saja yang masuk jenis hewan omnivora ini?

Serta apa saja ciri-cirinya?

Mari kita bahas secara lengkap dan tuntas pada penjelasan dibawah ini!

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah sebutan semua jenis atau golongan hewan yang memakan semua jenis makanan mulai dari tumbuh-tumbuhan hingga jenis hewan lainnya.

Omnivora sendiri berasal dari bahasa latin yakni omne dan vorare. Jenis hewan omnivora juga sering disebut dengan hewan pemakan segala.

Contoh hewan ominivora artinya, adalah gabungan dari jenis hewan herbivora dan karnivora.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

  • Pemakan segala, yakni tumbuh-tumbuhan dan juga daging.
  • Mempunyai pencernaan yang kompleks.
  • Hewan omnivora memiliki gigi tajam di bagian depan.
  • Hewan omnivora memiliki struktur gigi bagian belakang yang cenderung datar.
  • Sebagian besar hewan omnivora merupakan hewan yang menyusui (mamalia) dan sebagian lainnya merupakan jenis hewan menyusui (mamalia).
  • Proses berkembangbiaknya secara bertelur, namun ada juga yang sebagian beranak.

Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasannya

1. Tikus

Tikus atau Rattus argentiventer adalah jenis hewan mamalia yang masuk golongan jenis hewan omnivora.

Tikus merupakan hewan pemakan beragam tumbuh-tumbuhan seperti padi, jagung, kelapa dan juga hewan seperti serangga, ikan asin, dan lainnya.

Tak heran jika tikus biasa ditemukan di perumahan warna dan menjadi ancaman yang cukup mengganggu bagi persediaan makanan manusia.

2. Ayam

Selain tikus contoh hewan omnivora berikutnya adalah ayam. Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang termasuk kedalam golongan hewan omnivora.

Ayam ini dapat memakan padi, gandum, kacang-kacangan yang termasuk kedalam Kingdom Plantae (Tumbuhan), serta dapat mengkonsumsi daging seperti serangga, ulat yang memiliki daging.

Selain ayam, jenis unggas lain seperti halnya bebek juga termasuk hewan omnivora karena kebanyakan jenis unggas merupakan pemakan segala.

Maka dari itu, mengapa ayam dikelompokkan sebagai hewan omnivora.

3. Musang/Luwak

Musang dan juga luwak merupakan hewan menyusui (Mamalia) yang termasuk kedalam suku Viverridae. Nama Ilmiah jenis hewan ini adalah Paradoxurus Hermaphroditus.

Musang ini merupakan hewan omnivora, yaitu hewan pemakan segala, karena musang atau luwak ini pada umumnya memakan daging hewan lain, tetapi juga terkadang musang memakan buah-buahan yang terdapat di atas pohon.

4. Babi

Berikutnya hewan omnivora selain tikus yang terkenal adalah babi. Babi memiliki bentuk hidung yang khas dan besar dengan telinga yang lebar.

Babi adalah hewan jenis omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput dan juga serangga.

Babi dikatakan memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi diatas anjing dan kucing.

5. Beruang

Beruang adalah salah satu jenis hewan omnivora yang memakan apa saja termasuk tumbuh-tumbuhan maupun daging dari hewan kecil lain.

Beruang memakan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya.

Beruang sendiri identik dengan makanan kesukaannya yakni madu, hingga sering digambarkan dalam tokoh kartun yang menggambarkan hewan omnivora satu ini dengan makanan kesukaannya yaitu madu.

6. Gorila

Gorila merupakan hewan jenis primata yang bertubuh besar dibandingkan jenis primata lainnya.

Gorila dan beruang sama-sama memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan serangga.

Gorila merupakan hewan yang memiliki DNA idenntik dengan manusia setelah simpanse yaitu 97- 98%.

Kemiripan DNA tersebut dapat juga dilihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegak, memiliki tangan dan kaki yang berfungsi sama dengan manusia, dan juga intelegensinya yang dinilai cukup tinggi.

7. Tupai

Tupai adalah jenis hewan omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti biji-bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya.

Adapun contoh makanan yang paling khas dari tupai yakni biji kenari. Selain makanan tadi tupai juga memakan serangga serangga kecil yang ada di pohon.

8. Racoon

Racoon merupakan omnivora yang memakan serangga, ikan, katak, siput, telur burung, sebagai daging dan tumbuh tumbuhan seperti kacang kacangan, buah buahan.

Racoon juga terkadang memakan anak burung yang belum bisa terbang atau baru menetas, dan mamalia kecil lainnya yang ada di tanah.

9. Landak

Landak termasuk kedalam golongan hewan pengerat (Rodentia), yang memiliki rambut tebal dan berbentuk seperti duri tajam.

Landak sendiri dapat ditemukan pada sekitar kawasan Asia, Afrika, ataupun Amerika, dan sebagian besar menyebar di kawasan yang memiliki iklim tropika.

Landak adalah salah satu jenis hewan omnivora, karena hewan ini memakan berupa sayuran, buah, jangkrik, semut dan serangga lainnya.

Landak juga merupakan hewan pengerat terbesar ketiga, yang diukur dari segi tubuh, setelah kapibara dan berang-berang.

Hewan ini berbentuk agak membulat, serta tidak terlalu lincah dibandingkan dengan hewan pengerat lainnya, seperti tikus.

10. Burung Flamingo

Burung flamingo merupakan golongan Hewan omnivora yang makanan utama sumber beta karoten, yaitu udang dan alga biru atau hijau.

Dalam memburu mangsanya, flamingo menyaring air untuk mendapatkan udang, dengan menggunakan struktur lemellae yang terdapat didalam paruhnya.

Warna merah muda yang terdapat ditubuhnya, disebabkan oleh beta karoten yang terkandung dalam makanan flamingo, yaitu udang dan alga biru atau hijau.

Flamingo adalah salah satu spesies burung yang memiliki kaki panjang, hidup dengan membentuk sebuah kelompok, dan termasuk kedalam genus familia Phoenicopterus atau Phoenicopteridae.

Spesies burung flamingo ini masih banyak dapat ditemukan pada belahan bumi bagian barat dan timur, tetapi sebagian hesar terdapat di belahan bumi bagian timur.

11. Burung Jalak

Burung jalak memiliki tubuh yang berukuran 20- 25 cm. Burung jalak didominasi dengan warna bulu hitam.

Burung ini lincah. Burung jalak memiliki kicau yang kuat dan bisa meniru suara burung lainnya. Burung jalak memakan buah buahan seperti pisang, pepaya, dan juga serangga.

12. Burung Kasuari

Burung kasuari adalah salah satu jenis hewan omnivora yang hidup di hutan menyerupai unggas, memiliki kaki yang kuat dan berkuku tajam.

Burung kasuari memiliki warna-warna yang unik di beberapa bagian bulunya. Burung kasuari ini merupakan burung pemakan buah buahan, serangga, yang berada di tanah.

13. Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan omnivora karena memakan ganggang, lumut, tanaman air dan juga ikan kecil, serangga air, cacing tanah, amfibi.

Lele bisa hidup di dalam air yang sangat keruh sekalipun dan dalam perairan yang kotor. Lele sendiri termasuk kedalam jenis ikan pemakan segala di perairan air tawar.

14. Paus

Hewan laut ini merupakan hewan omnivora yang memakan crustaceae dan cumi cumi. Paus memiliki tubuh yang sangat besar dan hidup di samudra.

Paus ini juga memakan krill dan copepoda meskipun jika dimakan dalam jumlah yang tidak banyak.

15. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah salah satu hewan air yang dikenal bersahabat dengan manusia. Hewan imut dan cerdas ini merupakan jenis mamalia laut yang termasuk jenis omnivora.

Lumba-lumba memakan cumi cumi, ikan ikan kecil, plankton, dan lainnnya. Lumba-lumba mempunyai sonar sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda benda disekitarnya.

_

Nah itu tadi penjelasan kita tentang pembahasan mengenai contoh hewan omnivora, berikut dengan pengertian, jenis, ciri dan juga lengkap beserta gambarnya. Semoga apa yang disampaikan oleh penulis kali ini, dapat menjadi referensi serta pedoman bagi kita semua, terutama bagi kita, para pelajar dan juga mahasiswa.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Sekian Terima Kasih.