Siklus Daur Hidup Pada Tumbuhan

Apa itu daur hidup tumbuhan?

Mungkin bagi kita yang sudah lulus SMP mungkin sudah tidak asing bukan dengan hal ini. Namun masih ingatkah kita akan materi tersebut.

Nah untuk itulah penulis membuat artikel kali ini, selain sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya jaringan pada tumbuhan, artikel ini dibuat untuk tujuan membantu kita para pelajar.

Yuk langsung saja mari kita lihat pembahasan kali ini.

Apa itu daur hidup?

Daur hidup adalah suatu proses rangkaian perubahan di dalam pertumbuhan serta perkembangan suatu organisme dari awal sebagai suatu bentuk dari kehidupan yang independen, sebagai upaya untuk menuju dewasa dimana keturunan mereka dapat dihasilkan.

Sedangkan secara menyeluruh daur hidup adalah suatu tahapan perubahan bentuk tubuh hewan sepanjang hidupnya.

Jadi, secara singkat daur hidup adalah suatu pertumbuhan serta perkembangan mulai dari kecil sampai dewasa.

Pada definisi lain daur hidup adalah suatu proses atau tahapan-tahapan kehidupan atau daur makhluk hidup sejak lahir hingga menjadi dewasa.

Pengertian Daur Hidup Tumbuhan

Daur atau siklus hidup tumbuhan merupakan salah satu proses yang menandai perkembangan makhluk hidup sejak awal mula kehidupannya dimulai di bumi hingga bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.

Proses tersebut merupakan suatu perputaran karena akan kembali pada titik awal mulanya. Tumbuhan dan hewan memiliki daur hidup yang berbeda.

Pada proses daur hidup akan terlihat suatu perubahan bentuk luar yang menandai fase perkembangan suatu individu dan menjadi suatu ciri-ciri daur hidup dari tumbuhan.

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki ciri sperti halnya makhluk hidup lainnya. Tumbuhan sendiri memiliki ciri-ciri, yakni mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan pada tanaman dapat kita perhatikan dari makin bertambah besar serta tingginya suatu tanaman dikarenakan jumlah bagian sel tumbuhan yang bertambah banyak dan bertambah besar. Selain tumbuh, tanaman juga mengalami perkembangan.

Perkembangan sendiri adalah suatu peristiwa atau kejadian serta proses biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran.

Akan tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan.

Baca juga artikel terkait: Jaringan Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Siklus Daur Hidup Tumbuhan Biji

  1. Siklus hidup tumbuhan berbiji yang pertama kita dapat mulai dari biji.
  2. Biasanya biji yang sudah tua akan terlepasa dari batangnya. Biji akan berjatuhan di atas tanah dan kemudian akan mengalami proses perkecamabahan.
  3. Kemudian kecambah yang tadi sebelum dapat melakukan proses fotosintesis maka kecambah tersebut akan mendapatkan suplai makanan dari endosperma/konteladon.
  4. Pada kecambah akan terus mengalami proses perkembangan primer, namun ada juga yang kemudian disusul oleh perkembangan sekunder.
  5. Siklus pertumbuhan ini akan terus terjadi dan ketika tumbuhan sudah dewasa, maka kemudian tumbuhan tersebut akan mengalami proses reperoduksinya.
  6. Pada proses reperoduksi akan ditandai dan dimulai dari munculnya bunga dari ujung batang atau ujung dari cabangnya.
  7. Bunga akan terus berkembang sehingga di dalam bakal buahnya akan terjadi proses megasporogenesis atau pembentukan sel megaspore atau bakal biji yang akan menghasilkan 8 inti sel yaitu 3 antipoda, dan 2 inti kandung lembaga sekunder, 2 sinergid serta satu ovum.
  8. Dilain hal pada kepala sari ataupun pada otak sari akan mengalami proses mikroorganesis atau pembentukan mikrospora dan juga serbuk sari.
  9. Kemudian setelah serbuk sari selesai atau matang, maka akan mengalami penyerbukan, yakni jatuhnya serbuk sari pada kepala putik.
  10. Kemudian akan terbentuk buluh serbuk yang akan membawa inti sel generative ke ruang bakal biji.
  11. Selanjutnya setelah mengalami atau terjadi pembuahan, maka bakal biji tadi akan segera berkembang menjadi biji.
  12. Terakhir bakal buah akan mengelami perkembangan menjadi buah. Dan buah ini akan matang dan biji akan matang sehingga daunnya akan kembali lagi ke proses pertama tadi.

Hampir sama dengan jenis siklus hidup tumbuhan tadi, seperti daur hidup tanaman jagung, daur hidup tumbuhan padi, daur hidup tanaman semangka.

Nah itu tadi beberapa fase daur hidup tumbuhan yang secara umum terjadi pada tumbuhan berbiji. Akan tetapi kalian jangan khawatir, kali ini penulis akan menjelaskan lebih banyak mengenai daur hidup pada tumbuhan, seperti:

Fase Daur Hidup Tumbuhan Mangga

Di dalam satu buah mangga yang sering kali kita konsumsi pasti memiliki biji. Biji inilah yang kemudian jika kita tanam, pada suatu saat akan tumbuh akar dan juga tunas.

Tunas tersebut akhirnya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi pohon mangga kecil.

Kemudian dari pohon kecil inilah kemudian yang lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga.

Bunga-bunga mangga ini merupakan cikal bakal buah mangga yang sering kita makan.

Daur Hidup Apel

Buah apel yang sering kita makansetiap hari di dalamnya memiliki biji bukan. Biji inilah yang apabila ditanam, suatu saat akan tumbuh serta mengalami prose perkembangan menjadi akar dan tunas.

Kemudian tunas tersebut akan tumbuh serta berkembang menjadi pohon apel kecil.

Setelah itu kemudian dari pohon yang kecil tersebut lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga.

Nah dari bunga-bunga apel inilah yang menjadi cikal bakal buah apel yang sering kita makan.

Dalam satu buah apel memiliki biji yang selanjutnya akan menjadi calon tanaman baru, jika biji tersebut ditanam akan menjadi tanaman apel.

Daur Hidup Kacang Hijau

Kacang hijau sering kali kita jadikan sebagai bahan seperti bubur kacang hijau dan juga tauge,

Pada kacang hijau yang ditanam di dalam tanah yakni bijinya, yang kemudain akan tumbuh menjadi kecambah.

Kecambah inilah yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman kacang hiau dewasa, dan kemudian pada kacang hijau dewasa akan berbunga.

Bunga kacang hijau yang mengalami penyerbukan akan menghasilkan biji kacang hijau yang merupakan calon tumbuhan kacang hijau.

Tauge sendiri adalah bagian daur hidup kacang hijau saat masih dalam bentuk kecambah, Manusia memanfaatkan tauge sebagai bahan makanan.

Daur Hidup Tanaman Pisang

Umumnya tunas pisang tumbuh di sekitar pisang yang menjadi induk. Tunas ini akan keluar atau tumbuh dari akar rimpang di dalam tanah.

Setelah beberapa lama, tunas ini akan tumbuh serta mengalami proes perkembangan menjadi pucuk yang menyembul dari dalam tanah.

Pucuk yang dimaksud adalah daun-daun yang saling membungkus sehingga nampak seperti batang pohon berwarna hijau.

Selanjutnya, pucuk tersebut perlahan akan menjadi pohon dewasa, berbunga dan berbuah.

Pada umumnya pohon pisang hanya berbuah sekali saja. Setelah itu perlahan membusuk dan mati.

Akan tetapi sebelum pohon pisang yang telah berbuah tadi benar-benar mati, di samping pohon pisang tersebut akan muncul lagi tunas baru yang akan tumbuh menjadi pohon pisang lain. Serta begitupun seterusnya.

Selain siklus daur hidup tumbuhan tadi, pada tumbuhan lainnya seperti halnya siklus hidup tumbuhan air hampir sama dengan tumbuhan lainnya. Hanya saja yang membedakan dari tempat hidup dari tumbuhan ini berkembang atau tumbuh.

Protalium

Protalium adalah suatu masa atau proses metagenesis pada tumbuhan paku. Yakni dimana spora akan mengahasilkan dua sel gamet, seperti sel kelamin jantan (anteridium) dan sel kelamin betina (arkegonium).

_

Nah sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai daur hidup tumbuhan. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi kedepannya.