13 Contoh Hewan Melata dan Merayap

Apa itu hewan melata?

Apakah cicak cicak termasuk hewan melata? Serta apakah cacing juga termasuk hewan melata?

Terdapat banyak jenis hewan melatah yang dapat kita jumpai sehari-hari, bahkan ada yang hidup bersampingan dengan kita, dan juga bahkan ada yang merawatnya menjadi hewan peliharaan.

Nah untuk itulah penulis kali ini menjelaskan meteri tentang hewan melata sebagai lanjutan dari materi sebelumnya yakni metamorfosis belalang.

Pengertian Hewan Melata

Pengertian hewan melata adalah anggota kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau vertebrata, berdarah dingin (poikilotem) serta terdapat sisik yang menutupi seluruh tubuhunya.

Hewan melata disebut juga sebagai hewan reptilia, sebutan ini digunakan karena sebagian besar hewan ini adalah jenis hewan reptil.

Menurut para ahli hewan ini merupakan jenis organisme merayap pertama yang mampu hidup serta berkembang biak di seluruh habitat.

Contoh hewan melata adalah seperti komodo dan kadal yang berhabitat di air maupun darat.

Hewan melatah juga mampu hidup serta berkembang biak di dua alam berbeda atau habitat yang berbeda (hewan amfibi).

Ciri-ciri hewan merayap (reptilia) cenderung mirip akan jenis hewan reptil. Hewan melata dan reptil dapat kita katakan sama akan tetapi tak serupa.

Mengepa reptil sering disebut hewan melata?

Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar jenis dari hewan melata ini berasal atau termasuk dalam jenis hewan reptil.

Klasifikasi Hewan Melata

Klasifikasi

Nama Ilmiah Reptilia
Kelas Reptilia
Kingdom Animalia
Filum Chordata
Tingkatan Takson Kelas
Klasifikasi Lebih Tinggi Sauropsida

 

Ciri-Ciri Hewan Melata

  • Umumnya jenis hewan ini memiliki siklus serta umur hidup yang panjang.
  • Memiliki tubuh yang dipenuhi sisik.
  • Termasuk golongan hewan berdarah dingin.
  • Mempunyai alat pernafasan layaknya hewan amfibi, yakni paru-paru.
  • Mampu hidup di dua alam yang berbeda, bahkan di tempat gersang sekalipun.
  • Mempunyai sistem saraf yang berbentuk otak.
  • Berkembang biak secara ovipar atau bertelur.
  • Sebagian lagi berkembang biak dengan vivipar dan ovovivipar atau bertelur dan melahirkan.
  • Memiliki alat indra seperti telinga, hidung, dan mata.
  • Pergerakan hewan ini cenderung melatah atau merayap.
  • Sebagian besar jenisnya termasuk jenis hewan reptil.

Jenis Hewan Melata

Terdapat banyak sekali jenis hewan ini yang hidup di bumi ini. Hewan ini juga mampu hidup di semua benua terkecuali pada benua antartika.

Hal ini dikarenakan hewan ini tidak memiliki bulu yang tebal layaknya jenis hewan lain yang hidup di antartika.

Hewan melata apa saja yang dapat diklasifikasikan serta disebutkan. Adapun dua jenis hewan tersebut contohnya hewan melata berkaki dan hewan melata tak berkaki, yakni sebagai berikut:

Hewan Berkaki

  1. Iguana

Iguana adalah jenis hewan yang mirip seperti kadal/bunglon, akan tetapi agak besar. Iguana sendiri merupakan salah satu hewan pemakan rumput (herbivora).

Hewan ini memiliki ciri-ciri lipatan kulit dari punggung sampe ekor berderet, sekumpulan kulit yang mengeras, memiliki penglihatan yang tajam, badannya warna hijau, hewan reptile, hewan ini susah ditemukan oleh musuh-musuhnya

  1. Kadal

Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang masuk dalam kelompok reptil. Secara luas, kadal memiliki kerabat yang juga mencakup kelompok cicak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain.

Kadal dalam bahasa Indonesia memiliki istilah yang biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah.

Umumnya, kadal ini mencakup jenis-jenis yang bertubuh kecil seperti kadal pasir Lygosoma.

  1. Komodo

Komodo atau biawak komodo memiliki nama latin varanus komodoensis, merupakan spesies biawak besar yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo, Flores, Provinsi NTT, Indonesia.

Oleh penduduk setempat asli pulau Komodo hewan ini sering juga disebut dengan nama ora.

Komodo menjadi spesies terbesar dari familia varanidae, sekaligus menjadi jenis kadal terbesar di dunia. Hewan ini memiliki rata-rata panjang 2-3 meter dan beratnya mampu mencapai hingga 100 kg.

Komodo menjadi pemangsa puncak di habitatnya. Hal ini karena sejauh ini tidak diketahui adanya hewan karnivora besar lain selain biawak ini di sebarang geografisnya.

  1. Kura-Kura

Kura kura adalah jenis hewan yang memiliki cangkang dan berkaki empat, hewan ini juga termasuk hewan yang mampu hidup dalam dua dunia atau amfibi.

Sebagian orang tertipu akan penampilan hewan ini yang mirip dengan penyu. Akan tetapi hewan ini memiliki perbedaan dari segi cangkang atau tempurungnya.

Pada kura-kura cangkangnya memiliki corak yang beragam atau bergerigi, sedangkan pada penyu bentuk dan coraknya dari cangkangnya cenderung datar dan polos.

  1. Penyu

Contoh hewan melatah selanjutnya adalah penyu. Hewan ini memiliki ciri dan kriteria mirip dengan kura-kura.

Namun, pada penyu habitatnya cenderung hanya bertempat di air saja dan jika di darat kebanyakan penyu akan tidak tahan lama dan cederung bisa mati.

Penyu dan kura kura merupakan dua hewan yang dapat dikategorikan kedalam jenis hewan reptil.

  1. Buaya

Buaya merupakan termasuk hewan melata yang berbahaya. Hewan ini tergolong kedalam jenis hewan predator atau pemangsa utama dalam rantai makanan.

Buaya juga sering disebut sebagai hewan mamalia yang berhabitat di air, seperti halnya sungai, rawa-rawa, dsb.

Buaya juga merupakan jenis hewan karnivora yang menjadi pemangsa utama yang ditakuti oleh jenis hewan lainnya.

  1. Alligator

Alligator merupakan jenis hewan yang mirip dengan buaya, yang membedakan hewan ini dengan buaya adalah dari jenis moncong atau mulutnya yang cenderung lebih panjang dari jenis buaya.

Tak Berkaki

  1. Ular

Hewan ini tidak mempunyai kaki namun pada bagian tubuh dengan ukuran yang panjang. Ular merupakan salah satu dari jenis hewan yang melata yang memiliki tubuh tertutupi oleh sisik.

Hewan yang mempunyai begitu banyak jenis ini dapat kita jumpai di berbagai daerah yakni daerah gunung, daerah hutan.

Ular sendiri menjadi satu-satunya jenis hewan melata beracun yang tidak memiliki kaki atau berjalan menggunakan badannya.

Pada daerah dataran rendah akan bisa ditemukan di daerah laut maupun darat. Jenis ular sebagian besar akan dapat ditemukan di daerah dengan iklim tropis.

  1. Cacing

Cacing adalah salah satu jenis hewan yang melatah yang memiliki bentuk memanjang dan mirip seperti halnya tabung dan tersegmentasi dalam filum anelida.

Hewan melata yang hidup di sela batu ini umunya berhabitat di dalam tanah namun ada juga yang dapat kita jumpai di bawah bawah batu.

Cacing ini memakan bahan organik yang masih hidup ataupun yang sudah mati sebagai makanan utamanya.

  1. Ulat

Ulat adalah salah satu hewan yang memilki tubuh panjang dan seperti tabung serta memiliki kulit yang cenderung lembut serta ada jenis yang berbulu.

Ulat adalah bagian tahap awal dari siklus daur hidup kupu-kupu.

_

Nah itu tadi pembahasan yang dapat penulis sampaikan kali ini mengenai jenis dan contoh hewan melatah. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat serta bisa dijadikan referensi kedepannya.

Sekian Terima Kasih.