30 Hewan Pemakan Daging Lengkap Beserta Penjelasannya

Dari berbagai jenis hewan di dunia, dapat diklasifikasikan menjadi tiga golongan, yakni jenis hewan pemakan daging (karnivora), herbivora dan omnivora.

Namun pada artikel kali ini, penulis akan menjelaskan secara rinci tentang jenis hewan pemakan daging atau yang sering disebut juga karnivora

Apa sih karnivora itu?

Mari kita bahas tuntas pada artikel kali ini!

Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Hewan pemakan daging disebut juga karnivora, yang merupakan jenis pengolompokan hewan dari jenis makanannya, yaitu daging.

Kata karnivora sendiri berasal dari bahasa latin yakni Caro berarti “daging” dan Vorare berarti “memakan”.

Ciri khusus hewan pemakan daging, yakni memiliki kemampuan khusus untuk melumpuhkan mangsanya, mulai dari struktur kuku/cakar, gigi/taring, dan lain sebagainya.

Umumnya hewan karnivora merupakan predator dalam siklus contoh rantai makanan. Adapun predator yang menempati posisi paling atas pada rantai makanan disebut sebagai predator tingkat tinggi.

Jenis hewan karnivora sangat bergantung serta sangat mengandalkan daging sebagai pemenuh asupan tubuhnya.

Maka dari itu, tidak heran jika hewan karnivora akan mati jika dalam waktu tertentu kebutuhan nutrisi serta makanannya tidak terpenuhi.

Untuk mengetahui apa tentang perbedaan apa saja yang ada pada sel hewan dan sel tumbuhan yang bisa di analisa silhakan klik link berikut: 19 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Lengkap

Ciri-Ciri Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

  • Makanan pokoknya adalah daging segar.
  • Memiliki kecepatan berlari.
  • Memiliki penglihatan yang tajam.
  • Memiliki kemampuan melumpuhkan mangsanya.
  • Memiliki pendengaran yang sensitif serta sangat peka.
  • Memiliki taring dan juga cakar yang tajam dan kuat.
  • Termasuk golongan hewan predator atau pemangsa yang termasuk kelompok hewan buas.
  • Kebanyakan jenis hewan pemakan daging merupakan hewan menyusui.
  • Hewan yang memiliki tulang belakang

Baca juga artikel terkait: 11 Struktur Sel Hewan [LENGKAP] Beserta Fungsinya

Contoh Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Darat

Singa

Hewan yang satu ini dikenal buas dan merupakan hewan karnivora yang mendapat julukan sebagai raja hutan.

Singa merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelompok spesies binatang mamalia atau menyusui.

Singa memiliki kemampuan berlari yang diatas rata-rata dari jenis hewan berkaki empat lainnya. Kemampuan berlari singa mampu mencapai kecepatan 50 mil per jam.

Selain itu singa juga memiliki gigi taring dan cakar yang sangat tajam, yang mampu mengoyak tubuh mangsanya.

Maka tidak heran jika singa di juluki sebagai raja hutan. Singa sendiri merupakan jenis kucing terbesar setelah harimau.

Harimau

Berikutnya adalah harimau. Harimau sendiri merupakan jenis kucing terbesar di dunia saat ini.

Meskipun memiliki tubuh yang terbilang besar, namun kemampuan berlari harimau cukup cepat, yakni mampu mencapai kecepatan 60 Km/jam untuk jarak pendek.

Selain itu harimau juga memiliki kemampuan berenang yang cukup lincah, dan juga memiliki air liur yang mampu mempercepat penyembuhan luka di badannya jika dijilati.

Macan

Masih termasuk jenis kucing, yakni macan dan merupakan hewan pemakan daging yang memiliki badan sedang.

Macan sendiri memiliki sangat banyak jenis, diantaranya:

  • Macan kumbang
  • Macan rembah
  • Macan tutul
  • Black panther
  • Jaguar

Macan memiliki bulu berwana kecoklatan serta memiliki bintik hitam diseluruh tubuhnya dan juga memiliki ukuran kaki yang tidak begitu panjang.

Serigala

Serigala merupakan hewan pemakan daging yang mirip dengan anjing. Hewan ini merupakan jenis pemakan daging yang kecil jika dibandingkan dengan jenis lainnnya.

Serigala memiliki ciri khas yakni aumannya yang terbilang cukup keras dan menyeramkan. Selain itu hewan ini tergolong hewan buas dan juga ganas.

Anjing

Selanjutnya adalah anjing, hewan ini mempunyai spesies yang sangat beragam. Anjing sama halnya dengan jenis hewan karnivora lainya yakni pemakan daging.

Anjing adalah binatang yang seringkali dipelihara oleh manusia untuk menjaga keamanan rumah ataupun untuk memburu binatang dengan penciumanya yang tajam.

Selain itu binatang pemakan daging ini termasuk kedalam ke hewan yang pandai jika dibandingkan dengan binatang lainya.

Anjing sering digunakan oleh polisi untuk membantu tugas polisi seperti digunakan untuk anjing pelacak yang ganas.

Kucing

Tidak semua jenis kucing merupakan hewan karnivora, akan tetapi memang hewan ini lebih dominan sebagai binatang pemakan daging.

Akan tetapi ada juga jenis kucing yang memiliki sifat vegetarian atau pemakan tumbuhan yang merupakan hewan pemakan rumput.

Musang

Musang merupakan hewan pemakan daging atu karnivora yang memiliki keunggulan skill yang cukup baik didalam panjat-memanjat.

Hewan karnivora ini bissa hidup dimana aja. Seperti di hutan, pedesaan bahkan perkotaan.

Musang memiliki ukuran tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan hewan pemakan daging lainya. Musang sangatlah pandai dalam hal tipu-menipu musuhnya.

Disaat posisi musang dalam keadaan yang tidak memungkinkan maka musang akan langsung spontan berpura-pura mati.

Pada saat itu lah musuh musang akan lengah dan pada saat itu musang bisa lolos atau berlari dari musuhnya tersebut.

Komodo

Komodo adalah hewan langka yang banyak ditemui di pulau komodo Indonesia yang berkategorikan kadal terbesar di dunia.

Komodo mempunyai struktur kulit yang sangat tebal dan juga keras. Ukuran komodo mampu mencapai ukuran hingga 3 meter saat sudah berumur tua.

Kekuatan komodo terletak pada ekor dan rahangnya yang kuat serta air liur komodo dikenal beracun.

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Udara

Burung Rajawali

Contoh hewan pemakan daging yang pertama adalah burung rajawali. Rajawali merupakan burung yang berhabitat didalam hutan yang belum pernah dijelajahi oleh manusia.

Burung rajawali adalah hewan pemakan daging yang banyak ditemukan di Benua Eropa, Asia, dan Tiongkok.

Burung rajawali mempunyai keunggulan dalam terbang. Rajawali mampu bertahan dalam waktu lama saat terbang di udara.

Burung Elang

Burung elang adalah hewan yang termasuk kedalam kategori hewan berdarah panas. Burung elang mempunyai kecepatan terbang yang sangat cepat.

Burung elang sangat banyak ditemui di hutan-hutan seperti daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Elang merupakan jenis hewan karnivora yang mencari mangsa didaratan dan juga perairan.

Burung elang lebih sering mencari makanan di perairan karena salah satu pokok makanannya adalah ikan.

Burung Hantu

Burung Hantu adalah jenis burung yang memakan daging. Burung hantu ini sangat dilindungi di Indonesia karena burung hantu selalu di sangkut pautkan dengan hal yang berbau mistis.

Bentuk wajah dari burung hantu sangatlah unik karena mempunyai dua bola mata yang cukup besar layaknya manusia.

Burung Pelikan

Burung pelikan merupakan hewan karnivora yang mempunyai bentuk sangat unik. Hewan ini memiliki ciri khas tersendiri dengan paruhnya yang lebar dan besar serta kakinya yang panjang.

Burung pelikan masuk kedalam hewan karnivora karena burung pelikan memangsa ikan-ikan kecil yang berada di pinggiran sungai.

Burung pelikan banyak ditemukan di Benua Afrika dan Eropa. Ditempat berkembangbiak burung pelikan hidup dengan cara membentuk suatu kelompok-kelompok yang sangat banyak.

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Air

Ular

Ular adalah binatang yang mempunyai spesies banyak sekali, dari banyaknya spesies ular. Ada salah satu jenis ular yang sangat terkenal dengan bisanya yang sangat mematikan yaitu ular king cobra.

Bisa dari ular king cobra sangat terkenal dengan racunya yang bisa membunuh mangsanya dalam hitungan menit saja.

King cobra membunuh mangsanya dengan cara menyemburkan racunya ke bagian tubuh mangsanya saja atau digigit.

Buaya

Buaya merupakan hewan pemakan karnivora yang tergolong kedalam reptil yang sangat buas. habitat dari buaya terdapat pada airyang sangat tenang.

Contohnya seperti sungai dan rawa, Tetapi tidak semua jenis buaya yang tinggal di tempat lembab dan kumuh. Buaya memburu mangsanya dengan cara mengintai mangsanya dari permukaan air.

Buaya memiliki pergerakan yang sangat cepat jika didalam air jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainya.

Pinguin

Pinguin termasuk kedalam hewan pemakan daging karena hewan tersebut memakan ikan-ikan kecil yang bermunculan di bebatuan es yang berada di kutub.

Pinguin bekembang biak dengan cara berkelompok dengan jumlah yang tidak sedikit. Ciri khas dari hewan pinguinadalah tempat tinggalya yang sangat dingin seperti di kutub utara dan kutub selatan.

Anjing Laut

Contoh hewan karnivora selanjutnya adalah anjing laut. Anjing laut sering kita jumpai dalam acara sirkus karena anjing laut bisa melakukan akrobatik yang memukau jika dilatih secara rutin.

Anjing laut memakan ikan-ikan yang berukuran sedang sebagai makananya. Hewan tersebut berbeda dengan hewan yang lainya karena anjing laut mempunyai kelebihan pada sistem otaknya.

Ikan Piranha

Contoh hewan karnivora yan terakhir adalah ikan piranha yang hidup di sungai amazon amerika serikat.

Ikan piranha mempunyai ciri yaitu memiliki warna merah dibagian tubuh bawah dan mempunyai gigi yang runcing dan sangat tajam.

Ikan piranha sangat terkenal dengan kebuasannya saat menerkam mangsanya. Ikan piranha berkembangbiak dengan cara berkelompok dengan jumlah kelompok sayng tidak sedikit.

Ikan Hiu

Ikan hiu bisa dikatakan sebagai jenis ikan yang sempurna karena mempunyai tulang yang lengkap dengan tubuh yang ramping.

Ikan hiu memiliki jenis yang sangat beragam dan salah satu jenis hiu yang terkenal adalah hiu martil.

Dinamakan dengan hiu martil disebabkan karena bentuk moncong kepalanya mirip dengan martil

Ikan hiu sangat banyak persebaranya di Asia Tenggara. Hewan tersebut mempunyai gigi yang lancip dan runcing yang berguna untuk mengoyak mangsanya.

Gambar Hewan Pemakan Daging

_

Nah itu tadi pembahasan mengenai contoh hewan pemakan daging, yang bisa kita jadikan sebagai referensi dan juga sebagai pedoman bagi kita terutama bagi kalian para pelajar. Sebenarnya masih banyak jenis hewan lain, akan tetapi masih dalam perdebatan para ahli, karena tergolong hewan pemakan keduanya.

Sekian Terima Kasih!